5 Tips Belajar Pemrograman

1 173

Anggapan bahwa belajar pemrograman itu susah. Tidak salah anggapan tersebut. Apa sebenarnya pemrograman itu?. Pemrograman merupakan aktifitas menyusun serangkaian rutin dalam bahasa pemrograman tertentu untuk memanipulasi serangkaian proses tertentu. Pemrograman juga salah satu cara membangun komunikasi antara mesin dan user (baca: manusia). Dengan pemrograman manusia bisa memanipulasi mesin untuk melakukan aktifitas yang sebelumnya dilakukan oleh manusia itu sendiri.

Belajar pemrograman bukan dominasi siswa/mahasiswa informatika tapi bisa dilakukan oleh siapapun asal mau. Pemrograman atau ada yang menyebut coding, merupakan aktifitas kebiasaan. Kebiasaan membuat program, sehingga coding kunci utamanya adalah latihan, latihan dan latihan. Semakin sering berlatih akan semakin sempurna kemampuan codingnya.

Coding hanya masalah kebiasaan. Berlatih, latihan dan latihan adalah aktifitas untuk menyempurnakan kemampuan membuat program.

Berikut adalah 5 (lima) tips belajar pemrograman. Semua yang disampaikan ini berdasarkan pengalaman pribadi.

  • Kuasai Algoritma

Algoritma merupakan jantung ilmu informatika. Algoritma adalah runtunan langkah logis untuk menyelesaikan masalah. Menguasai algoritma berarti menguasai penyelesaian masalah (problem solving). Belajar algoritma tidak harus langsung dengan permasalahan yang besar, cukup permasalahan sederhana atau kecil. Misalkan kuasai struktur dasar algoritma seperti runtunan (sequence), pemilihan (selection) dan pengulangan (repetition). Eksplorasi pemahaman tersebut dengan program-program kecil, pahami kemudian lakukan perubahan amati apa yang terjadi, dan lakukan terus menerus sampai paham apa itu struktur dasar algoritma. Ingat, harus ada peningkatan setiap latihan yang dilakukan.

  • Pilih Bahasa Pemrograman yang Mudah dipelajari

Memilih bahasa pemrograman yang mudah dipelajari gampang-gampang susah, terkadang semakin banyak bahasa pemrograman yang dipelajari malah semakin bingung akhirnya tidak ada yang dikuasai satupun. Berfokus pada satu bahasa pemrograman merupakan langkah tepat, karena sebenarnya bahasa pemrograman hanya sebuah alat untuk menterjemahkan logik proses yang ada. Jika logik proses sudah dipahami maka diterjemahkan dalam bahasa pemrograman apapun bisa. Logik proses (algoritma) kunci untuk belajar bahasa pemrograman lainnya.

Mempelajari bahasa pemrograman yang bersintaks mirip akan mempermudah mempelajari bahasa pemrograman lain.

Kuasai bahasa pemrograman C++, memudahkan mempelajari bahasa pemrograman seperti Java, PHP dan lainnya.

Tapi tidak usah terpaku pada salah satu bahasa pemrograman, pilih salah satu yang dianggap mudah dan nyaman untuk belajar pemrograman.

  • Gunakan Metode ATM (Amati Tiru dan Modifikasi)

Belajar dari contoh adalah salah satu metode memulai belajar coding. Eksplorasi contoh dari berbagai buku, internet atau sumber manapun. Ketik atau buat programnya tanpa perlu tahu terlebih dahulu seperti apa programnya (cara bodohnya). Tapi tetap dengan kaidah yang benar misal tata cara membuat program dan lainnya. Eksekusilah jika sudah selesai, amati hasilnya, kemudian lakukan perubahan sedikit-sedikit sambil terus mengamati hasilnya. Kemudian tirulah program itu tapi dengan permasalahan yang lain. Amati dan perhatikan, pemahaman baru akan didapat dan dengan pemikiran serta ide yang sama untuk program baru. Lakukan ini secara intens sampai paham.

  • Jangan Takut ERROR

Error bisa jadi penghambat dalam mempelajari pemrograman. Tapi Error bisa jadi berkah, kesempatan dan tantangan untuk lebih intens lagi belajar pemrograman. Ada yang patah arang belajar pemrograman saat program yang dibuat menemukan error. Error muncul karena ada yang tidak sesuai, entah dalam penulisan atau penyusunan logik program. Memahami pola sintaks (penulisan) dan logik program menjadi sangat penting untuk meminimalkan terjadinya error. Menemukan error menjadi jalan untuk lebih memahami tata cara penulisan dan logik program itu sendiri. Penanganan error seperti aktifitas troubleshouting, jika ada masalah disini maka beginilah cara memperbaikinya. Jadi ERROR itu berkah, kesempatan dan tantangan dalam belajar coding.

  • Practice Makes Perfect

Coding itu hanya masalah kebiasaan. Jadi kunci utama belajar coding adalah latihan, latihan dan latihan. Latihan coding setiap hari walau hanya satu jam tapi intens hasilnya akan sangat berbeda daripada belajar coding saat mau ujian atau bikin skripsi/tugas akhir. Membiasakan coding artinya membangun kesadaran diri dan lambat laun akan mengubah cara berpikir kita. Jadi selamat berlatih, siapkan cemilan, minuman atau apapun yang menunjang aktifitas coding menjadi lebih asyik.

Itulah lima tips belajar pemrograman/coding berdasarkan pengalaman. Bisa jadi berbeda tipsnya setiap orang karena pengalaman yang ditemui juga berbeda. Jadi jika ingin mengubah dunia ubahlah kebiasaan kita. Jika mau jago dalam pemrograman, ubahlah pola dan cara belajar kita. Latihan, latihan dan latihan. Selamat berlatih,

You might also like More from author

1 Comment

  1. Ammar says

    Mas saya izin download videonya yaa

Leave A Reply

Your email address will not be published.

thirteen − one =