Algoritma Kalkulator Sederhana

1 907

Algoritma Kalkulator
Algoritma Kalkulator

Kalkulator adalah alat hitung yang cukup tua dan merupakan cikal bakal dari komputer. Sekarang ini hampir semua orang pernah menggunakan kalkulator. Tapi apakah anda peduli dengan kalkulator itu sendiri?. Maksudnya disini bukan peduli dalam hal pemeliharaan tapi berpikir lebih dasar lagi, seperti apa sih kerja kalkulator dari segi logika perhitungannya. Banyak dosen memberikan latihan atau tugas kepada mahasiswanya untuk membuat program kalkulator sederhana dalam berbagai macam bahasa pemrogramanan. Itu semua dapat ditemukan diranah internet tanpa batas ini dengan bantu mBah Google.

Disini saya akan mencoba memaparkan algoritma kalkulator sederhana. Algoritma ini saya buat untuk memberikan contoh kepada mahasiswa saya setelah saya mengoreksi tugas Algoritma dan tugas tersebut adalah membuat Algoritma kalkulator sederhana. Cukup menggelikan banyak yang menjawab dengan menuliskan cara menghitung dengan kalkulator (dalam arti sebenarnya). Selain itu banyak yang menjawab dengan kalimat biasa tanpa menggunakan aturan penulisan yang sudah disepakati.

Algoritma ini akan saya tulisan menggunakan Pseudocode, bukan Flowchart. Untuk membuktikannya silakan diterjemahkan dengan menggunakan bahasa pemrograman yang dikuasai.

Algoritma diatas masih sangat mungkin dikembangkan lebih detil dan lengkap, sehingga menjadi algoritma yang dapat diimplementasi menjadi kalkulator seutuhnya. Semoga bermanfaat.

You might also like More from author

1 Comment

  1. All says

    I’m not sure where you’re getting ?lur info, but good topic.
    I ?eeds to spend some time learning much ore or understanding more.
    Thanks for wonderful information I was looking for this info f?r my mission.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

7 + five =