Aman itu Tak Nyaman

4 30
Security

Sudah jadi rutinitas saya tiap awal semester atau ketemu mahasiswa baru menjawab pertanyaan dari mereka.”Pak kok saya gak bisa login, padahal username dan password bener“. Itu pertanyaan diajukan hampir tiap hari via sms, telepon, instant messanging (chat) atau via Facebook. Kenapa selalu muncul pertanyaan itu?.
Hal ini berkaitan dengan mata kuliah yang saya ajar. Sudah hampir 2 tahun ini saya memadukan proses perkuliahan antara tatap muka di kelas dan metode e-learning. Uniknya setiap mendaftar mengikuti perkuliahan saya dalam pembuatan password harus memenuhi kaidah yang sudah ditentukan, yaitu harus ada huruf besar, huruf kecil, angka dan simbol serta minimal 8 karakter. Rupanya ini yang menjadi biang keladi. Karena saking rumitnya password sehingga sulit untuk di hafal. Satu lagi mereka kurang memperhatikan oetunjuk yang ada sehingga mereka tidak jarang lupa kalau untuk melengkapi pendaftaran harus mengkonfirmasi dengan membuka email yang digunakan pada saat mendaftar.
Apakah mekanisme seperti itu sulit dipahami?. Jawabannya bisa ya bisa tidak. Sulit jika pengalaman mereka dalam menggunakan internet masih kurang, biasa saja jika mereka sudah sering menggunakan forum atau mempunyai akun-akun di internet. Mekanisme seperti aturan password, konfirmasi email adalah demi otentifikasi dan otorisasi dalam kaitan meyakinkan bahwa akun itu benar dan ditangan yang benar. Jadi aspek keamananlah yang menjadi tujuan.
Kasus lain adalah akun Facebook dihack orang lain sehingga tidak bisa mengontrol akùn-nya sendiri. Kenapa hal itu bisa terjadi?. Masalahnya adalah kita terlalu menganggap sepele masalah ini. Contohnya adalah kekuatan password akun kita terlalu lemah misalnya password menggunakan tanggal lahir atau terlalu pendek sehingga gampang sekali ditebak. Kuncinya adalah password email, karena biasanya bermula dari email. Jika kita lupa password akun seperti Facebook atau yang lain melalui email-lah kita mereset password.
Berikut tip sederhana yang dapat digunakan agar akun kita ‘aman’ terutama di Facebook atau jejaring sosial lain atau akun di internet:

  1. Password harus memenuhi unsur karakter seperti harus kombinasi huruf besar, huruf kecil, angka dan simbol serta minimal 8 karakter.
  2. Sebisa mungkin password dapat diganti secara berkala dan untuk mempermudahnya buat pola password tertentu.
  3. Facebook atau jejaring sosial lain, untuk login menggunakan email. Di halaman profil jangan ditampilkan alamat email itu dan hanya kita sendiri yang bisa lihat. Kalau mau ditampilkan, tampilkan alamat email yang lain, tentunya bukan untuk login ke Facebook atau jejaring sosial lain.
  4. Pastikan jika ingin masuk ke akun anda web yang ada didepan kita ada benar dari tampilannya atau alamat url-nya.
  5. Sebelum meninggalkan komputer yang dipakai, pastikan sudah logout/sign out.
  6. Jika membuka akun kita via perangkat mobile, jangan sampai lengah sehingga orang lain bisa memakai perangkat mobile kalau perlu ditambahkan password sehingga hanya kita yang bisa buka perangkat mobile tersebut.
  7. Jika menerima email bahwa kita ingin mereset password padahal kita tidak pernah melakukannya abaikan saja, bisa jadi itu adalah pekerjaan orang yang menginginkan hak akses akun kita.

Wow…..jadi kalau mau aman itu ternyata tidak nyaman. Itu merupakan hal yang kaprah tapi iti semua demi data diri kita didunia tanpa nama, internet.

Post from BlackBerry®

You might also like More from author

4 Comments

  1. achoey says

    Untuk aman kadang memang beribet 🙂
    Salam Pak

  2. achoey says

    baru ngeh ternyata blognya makin banyak 🙂

  3. tomgtp says

    sekedar menambahkan tips saja jika sedang membuat account baru misalnya email jangan lupa untuk mencatat user name atau password di ponsel anda bagi yang memiliki.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

eighteen − nine =