Amunisi Mahasiswa Tingkat Akhir

2 106
Stress!!!

Beberapa minggu belakangan ini saya disibukkan dengan menjadi penguji sidang tugas akhir mahasiswa saya, paling tidak minimal 2 kali dalam sepekan. Buat saya menjadi penguji mempunyai keasikkan tersendiri. Menyenangkan dan menggelikan. Menyenangkan karena melihat hasil karya mahasiswa berupa aplikasi/program ataupun produk tugas akhirnya yang bermacam-macam dengan pendekatan yang berbeda-beda. Yang paling umum dari produk tugas akhirnya adalah aplikasi yang dihasilkan dari perancangan sistem dari berbagai proses bisnis yang ada, dan beberapa konsep yang berhubungan dengan jaringan komputer. Menggelikan karena melihat tampang mereka yang tegang menghadapi para penguji sehingga sering membuat rasa grogi yang kadang berujung pada hilangnya semua yang telah disiapkan.

Kegelisahan mahasiswa informatika tingkat akhir dimulai pada saat memasuki semester 5 untuk jenjang Diploma 3 atau semester 6/7 untuk jenjang Strata 1. Saya sering menyebutnya sebagai semester panik. Panik bagi yang belum punya persiapan yang matang, biasa bagi yang sudah mempersiapkan dengan baik. Pertanyaannya adalah apa yang harus dipersiapkan mahasiswa tingkat akhir?. Berdasarkan pengalaman saya berikut adalah beberapa hal yang harus disiapkan mahasiswa tingkat akhir :

  1. Memahami dengan benar masalah Algoritma, karena disanalah proses pemecahan masalah dibahas dengan gamblang.
  2. Menguasai salah satu bahasa pemrograman, minimal yang bahasa yang akan digunakan untuk membangun sistem tugas akhir.
  3. Paham dan menguasai konsep sistem basisdata (database), karena saat membangun atau mengembangan sistem pasti berhubungan dengan basisdata, khususnya yang mengambil domain tugas akhirnya pengolahan data.
  4. Mempunyai daya analitik dan konseptual yang cukup, agar dapat melakukan analisa terhadap permasalahan yang diangkat dalam tugas akhir. Selain itu juga dapat menterjemahkan dalam bentuk perancangan logik dari permasalahan tersebut sehingga akan memudahkan pada tahapan implementasi. Pada bagian ini penguasaan tool perancangan sistem sangat disarankan.
  5. Harus mempunyai dan memahami objek yang diangkat dalam tugas akhir. Hal ini sangat penting agar tujuannya fokus tidak mengambang.
  6. Mengumpulkan referensi-referensi yang berhubungan dengan objek yang diangkat dalam tugas akhir, entah berupa buku, ebook atau data yang mendukung.
  7. Sebelum mengajukan proposal tugas akhir pastikan sudah membuat cetak biru (blue print) tugas akhir, untuk memudahkan penyelesaiannya.
  8. Sebisa mungkin sistem atau aplikasi/rancangan yang akan dibuat sudah mencapai 30-40%. Hal ini dapat meringankan proses pengembangan.
  9. Buat jadwal penyelesaian tugas akhir dan pastikan semuanya dilaksanakan dengan disiplin.
  10. Selama menyusun atau masa bimbingan sebisa mungkin membangun komunikasi yang baik dengan para pembimbing sehingga progress penyelesaiannya terukur.
Hal-hal diatas tidak akan terlaksana dengan baik jika penyediaan waktu yang cukup dan semangat untuk menyelesaikannya. Terpenting adalah harus disertai doa agar semua usaha tadi lancar dan bermuara kepada keberhasilan.

You might also like More from author

2 Comments

  1. dange says

    menjadi mahasiswa tingkat akhir memang rame rasanya, punuh suku dan duka,..tp demi masa depan kita harus berusaha agar cepat keluar dari kampus..

Leave A Reply

Your email address will not be published.

8 + 20 =