Desain Web yang Inspiratif

1 69

Membangun web mungkin bukan sesuatu yang sulit dilakukan sekarang ini. Terdapat bermacam tools yang memudahkan dalam membuat sebuah website, baik yang gratis atau berbayar. Menurut saya yang tersulit adalah membuat web yang berbeda dari yang sudah ada, baik dari segi desain maupun konten. Desain sebuah web bisa menggambarkan siapa pemiliknya, sehingga terkadang sangat personal desainnya. Jika dilihat dari sisi konten, tentunya disesuaikan dengan tujuan keberadaan dari website tersebut, jika mewakili institusi tentunya akan berisi informasi yang berkaitan dengan bisnis dan aktifitasnya. Jika perorangan atau kelompok tentunya akan lebih personal sesuai dengan passion masing-masing. Tetapi bagian yang tersulit adalah menjaga eksistensi dari website tersebut. Website yang baik yang mempunyai isi yang baik, inspiratif dan ter-update.

Terkadang kita bersemangat setelah membaca atau melihat sebuah website atau blog orang, karena mempunyai konten yang inspiratif dan desain yang elegan. Menarik, setelah saya membaca sebuah artikel disebuah blog teknologi mashable.com yang berjudul “17 Sites for Web Design Inspiration” dan berikut adalah web-web-nya :

1. The Great Discontent

Sebuah blog yang berisi wawancara dengan orang yang kreatif dibidangnya dan disajikan dalam visual yang menawan. Blog ini simple tapi menawan dengan pengaturan kompisisi yang baik.

GreatDiscontent1

2. Polygon

Didirikan tahun 2012 yang didedikasikan untuk informasi seputar video game, fitur dan ulasan dari para ahli serta konsumen. Penataan yang cerdas serta tampilan menawan.

Polygon

 

3. Charles Apple’s Blog

Blog dari Charles Apple seorang jurnalis visual dan mantan direktur grafis dari The Virginian-Pilot dan The Des Moines Register. Blog ini berisi komentar tentang desain berita, lowongan dan dasar estetika desain.

CharlesApple2

4. Web Design Ledger

Penuh dengan tutorial, template gratis dan Resource, Web Design Ledger adalah sebuah blog yang didedikasikan untuk desainer dan pengembang.

WebDesignLedger

 

 

5. Source

Source, merupakan proyek Knight-Mozilla OpenNews, adalah sebuah komunitas untuk coders jurnalisme, pengembang dan desainer. Penuh komentar dan tutorial, Source memiliki banyak kontributor dari berbagai publikasi dan outlet, termasuk banyak blog dari pengembang yang berisi proyek sendiri.

Source

 

6. chartsnthings – Sebuah blog pribadi dbalik karya Tim New York Times grafis , chartsnthings adalah Tumblr dikelola oleh Kevin Quealy , editor grafis di Times.

7. R-bloggers – sebuah blog yang didedikasikan untuk open-source bahasa R digunakan oleh para ahli statistik untuk analisis data pengembangan web . R – blogger berisi agregat posting dari blog pecinta bahasa-R dengan menciptakan sebuah komunitas bagi pengguna untuk belajar dan menemukan seuatu yang baru.

Selain 7 web atau blog diatas masih banyak lagi desain web yang inspiratif. Dengan membaca dan melihat blog-blog diatas setidaknya memberikan inspirasi dan semangat untuk terus berkarya dan berbagi sesuai dengan passion masing-masing dan saya yakin suatu saat tulisan atau web kita akan menginspirasi pembacanya.

Sumber : hasil bacaan dan gambar dari mashable.com.

 

 

You might also like More from author

1 Comment

Leave A Reply

Your email address will not be published.

20 − 5 =