Kenapa E-Learning?

0 71

on class vs elearning
on class vs elearning

Apa bedanya belajar jaman dulu dengan sekarang?. Tidak ada bedanya itu jawabnya. Yang membedakan muatan dan cara melakukan yang berbeda. Jaman sudah berubah. Hari ini semua orang bisa menuntut ilmu hanya didepan layar komputer atau laptop yang terhubung ke internet. Disana tersedia dengan lengkapnya pengetahuan serta ilmu untuk dipelajari.
Saking banyaknya dan mudahnya untuk memperoleh ilmu tersebut, sampai ada yang berpikir, “Kenapa harus sekolah kalau semua dapat dipelajari sendiri?”. Proses belajar sendiri dengan guru akan memberikan hasil berbeda. Guru atau dosen dapat memberikan penjelasan tambahan dan memberikan batasan terhadap cakupan ilmu yang dipelajari, sehingga tidak salah menyikapi yang berujung pada penyalahgunaan ilmu tersebut.
Konsep e-learning atau pembelajaran elektronik adalah sebuah model pembelajaran yang berbeda dengan pembelajaran konvensional. Menurut Wikipedia E-learning adalah cara baru dalam proses belajar mengajar. E-learning merupakan dasar dan konsekuensi logis dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Dengan e-learning, peserta ajar (learner atau murid) tidak perlu duduk dengan manis di ruang kelas untuk menyimak setiap ucapan dari seorang guru secara langsung. E-learning juga dapat mempersingkat jadwal target waktu pembelajaran, dan tentu saja menghemat biaya yang harus dikeluarkan oleh sebuah program studi atau program pendidikan.
Setiap model biasanya mempunyai dua sisi yang berlawanan, dari segi negatif model ini, cenderung individualistik dan minimnya interaksi fisik antara siswa dan guru dapat mempengaruhi hubungan emosional diantara keduanya. Padahal hubungan emosional dapat memberikan peranan penting dalam proses pembelajaran. Sisi positifnya, model ini memberikan kemudahan guru untuk terus melakukan pemutakhiran bahan ajar serta muncul interaksi terhadap materi yang disampaikan antara siswa dengan guru atau dengan siswa lain secara berkesinambungan. Kemandirian, komitmen dan kedisiplinan adalah kunci pokok kesuksesan mengikuti pembelajaran model ini. E-learning juga lebih ekonomis, jarak bukan lagi masalah, karena dapat diikuti oleh siapapun dan dimanapun.
Mengaplikasikan e-learning dalam mendukung proses perkuliahan sepertinya lebih baik daripada melepaskan tanpa ada pertemuan fisik antara dosen dengan mahasiswa. Esinaukoe adalah model pembelajaran semi e-learning, karena e-learning lebih pada penyediaan materi dan evaluasi, sedangkan proses pembelajaran konvensional masih dilakukan yaitu penyampaian materi dikelas dengan bahan yang dapat diunduh di e-learning ini.
Permasalahannya adalah membiasakan mahasiswa memanfaatkan e-learning sebagai media untuk mendukung proses perkuliahan masih mengalami kendala dan yang terbesar adalah ketidaktahuan atau kebiasaan mengoperasikan internet. Cukup naif sebenarnya tapi itu sebuah kenyataan.Hanya dengan kesabaran dan terus memberikan bimbingan, akan terjadi pemahaman yang sama antara dosen dengan mahasiswa.
Selamat Belajar!.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

8 − two =