Membangun Situs Komunitas dengan Joomla (2)

1 121
Komunitas
Komunitas

Pada tulisan bagaian pertama sudah diuraikan sekilas tentang Joomla. Bagian ini akan disampaikan persiapan apa saja yang harus dilakukan sebelum memulai membangun situs komunitas.

Situs komunitas adalah situs yang diperuntukan untuk anggota-anggota baik berupa informasi, diskusi, layanan download, rekaman kegiatan bahkan bisa masuk ranah bisnis. Kekuatan dari komunitas adalah aktifitas dari para anggotanya. Berikut komunitas menurut Wikipedia :

Komunitas adalah sebuah kelompok sosial dari beberapa organisme yang berbagi lingkungan, umumnya memiliki ketertarikan yang sama. Dalam komunitas manusia, individu-individu di dalamnya dapat memiliki maksud, kepercayaan, sumber daya, preferensi, kebutuhan, risiko dan sejumlah kondisi lain yang serupa. Komunitas berasal dari bahasa Latin communitas yang berarti “kesamaan”, kemudian dapat diturunkan dari communis yang berarti “sama, publik, dibagi oleh semua atau banyak”.

Apa yang harus dipersiapkan ?

Sebelum memulai membangun situs komunitas, ada baiknya persiapkan terlebih beberapa hal terutama yang berhubungan komponen-komponen pembentuk situs komunitas antara lain :

  1. Joomla Core. Untuk kestabilan dan kemudahan update secara berkala, penulis sarankan menggunakan Joomla versi stabil yang terbaru, dalam hal ini penulis menyarankan menggunakan Joomla 1.5 (versi 1.5.9 pada saat tulisan ini dipublikasikan). Joomla versi stabil terakhir dapat didownload di situs joomla.org .
  2. Component. Untuk menambahkan fasilitas situs pada situs komunitas berikut ini beberapa komponen wajib yang harus ada :
    1. Forum. Forum sebagai sarana untuk berkomunikasi, sharing atau mendiskusikan hal-hal yang berkaitan dengan komunitas atau masalah umum lainnya. Untuk menambahkan fasilitas forum, gunakan komponen, Kunena dari BestofJoomla. Selain itu juga ada juga Agora, ccBoard, Joomla! Bulletin Board, Simplest Forum, Frenzi Bulletin Board. Penulis sendiri menggunakan Kunena.
    2. Download. Memberikan fasilitas kepada anggota komunitas meletakkan file-file, software yang dapat didownload secara bebas oleh anggota komunitas. Komponen untuk membuat fasilitas download yang populer antara lain Remository, DocMan, Phoca Download. Tambahkan module atau plugin dari komponen diatas.
    3. Komponen untuk mengelola anggota komunitas. Komponen yang populer adalah Community Builder, Joomunity, CBE. Selain itu dapat juga menggunakan komponen yang berbayar (commercial) seperti JoomSocial. Penulis sendiri menggunakan Community Builder, selain berstatus GNU/GPL (gratis) juga mudah dalam menkustomasi.
    4. Gallery. Komponen ini untuk menampilkan foto-foto/gambar kegiatan dari komunitas. Komponen yang populer untuk galeri antara lain RSGallery2, Phoca Galery, Morfeo, JoomGallery, dan masih banyak lagi. RSGallery bukan hanya galeri saja tapi juga memadukan konsep foto blog, artinya pengunjung dapat memberikan komentar terhadap foto-foto yang ada dalam galeri.
    5. Blog. Konsep situs sekarang ini adalah situs yang interaktif artinya bahwa pengunjung dan pengelola situs dapat berkomunikas/berkomentar terhadap apa yang ditampilkan dalam situs itu sendiri. Untuk menambahkan fasilitas komentar pada artikel dalam situs dapat menggunakan komponen (yang populer) mxcomment, !JoomComments, JXEntended Comment, yvComment. Untuk komponen yang berbayar dapat menggunakan JomComment. Penulis sendiri menggunakan MXComment.
    6. Selain komponen-komponen diatas dapat juga ditambahkan fasilitas multimedia, seperti video, shoutcast (lagu) dan fasilitas bisnis seperti pemasangan iklan untuk anggota atau umum.
  3. Module. Untuk modul disarankan sekali adalah modul yang berkaitan dengan komponen diatas seperti diskusi terakhir, diskusi terbaru, download terbaru, download terpopuler, aktifitas anggota, diskusi terakhir, foto terbaru dan lain-lain. Selain itu tambahkan modul-modul yang berkaitan dengan penyajian artikel. Modul itu semua dapat diperoleh di situs masing-masing komponen atau dapat diperoleh di situs ekstensi Joomla.
  4. Plugin. Sama dengan modul disarankan menggunakan plugin yang mendukung komponen, modul yang terinstal.
  5. Template. Template menjadi sangat penting, karena tampilan dari situs ditentukan oleh template. Pemilihan template kadang-kadang menjadi sangat krusial karena kompabilitasnya tidak sama. Misalnya kita menggunakan template yang bagus, kemudian diset semua komponen, modul sesuai keinginan. Tapi pada saat dibuka menggunakan browser lain tampilan menjadi berantakan. Memilih template yang kompatible dengan semua browser butuh test and drive, apalagi yang gratisan. Untuk komersial permasalahan seperti ini biasanya sudah teratasi. Untuk mendapatkan template gratisan dapat dilihat di Joomla24, BestofJoomla dan lain-lain.
  6. Bahasa. Bahasa menjadi sangat penting kalau situs kita diperuntukan untuk pengunjung tertentu misalnya internasional atau Indonesia. Downloadlah terjemahan Core Joomla di Komunitas Joomla Indonesia atau kalau kurang puas dengan hasil terjemahan dapat menerjemahkan sendiri. Demikian juga untuk komponen-komponen, modul yang digunakan dapat diterjemahkan sendiri.

Yang tidak kalah penting adalah materi dari situs itu sendiri. Apa artinya sebuah situs tanpa isi yang selalu update. Di tulisan yang akan datang kita akan mulai menginstal dan mengatur situs yang kita buat.

You might also like More from author

1 Comment

  1. purwanto says

    Terimakasih atas infonya Mas… Ini yang saya cari : ringkas, jelas dan aplikatif

Leave A Reply

Your email address will not be published.

2 × four =