Membuat Judul Posting Blog

1 41

Blogging
Blogging

Membuat judul posting blog memang gampang-gampang susah. Ada membuat judul baru menuliskan isi posting atau menuliskan isi posting baru menentukan judul. Terus gimana sih cara membuat judul posting yang baik dan benar. Setelah googling sana-sini, berikut adalah rangkumannya. Tapi sebelum tip membuat judul posting, ada baiknya dibahas kegunaan dari judul posting.

Dalam dunia blogging atau internet, sebuah blog atau situs dikenali baik oleh mesin pencari (search engine) adalah keharusan. Mengapa?. Karena search engine adalah muara pertama orang mencari sebuah informasi. Disini pemilihan judul tulisan/posting dan kata kunci tulisan sangat penting. Teknik yang digunakan untuk mempelajari ini adalah Search Engine Optimization (SEO). Mempelajari SEO butuh kecermatan dan keahlian serta selalu konsisten dalam mengaplikasikan dalam setiap membuat tulisan/posting baru, salah satunya adalah menentukan judul posting blog.

Inilah hal-hal yang harus dilakukan dalam Membuat Judul Posting Blog :

  • Title Atau Judul Harus Singkat Dan Padat : cukup 4-5 kata saja. Pada hasil result index google, jika judul postingan terlalu panjang maka akan dipotong denngan otomatis oleh google.
  • Judul Postingan Harus Jelas dan Mudah Dibaca : tuliskanlah dengan sederhana, dengan bahasa yang baik dan benar. Jangan pernah memberi singkatan atau menambah-nambahkan dengan simbol seperti &,%^# atau apalah. Mustahil orang akan mencari keyword yang seperti itu, di google kecuali yang ngga ada kerjaan.
  • Judul Yang Unik dan Kontroversial : Juga cukup ampuh, judul ini akan membuat pengunjung penasaran. Misalnya “5 Detik dapat 5 Juta Dollar”
  • Jangan Membuat Judul yang Menyesatkan : artinya tidak ada kesesuaian antara judul dan isi artikel. Misal judul “Luna Maya Telanjang”, tapi isi artikelnya tentang curahan patah hati.
  • Jangan Membuat Judul Posting dengan imbuhan tanda petik (apostrop), karena judul pada hakekatnya sebuah tulisan yang tegas dan biasanya dicetak dalam huruf lebih besar serta tebal.
  • Gunakan Kaidah Penulisan yang Benar : judul biasanya dituliskan dengan mengubah huruf pertama setiap kata dalam judul menjadi huruf besar atau malah dicetak menggunakan huruf besarnya semua, seperti : Menulis Blog Yang Benar atau MENULIS BLOG YANG BENAR. Jangan menggunakan kombinasi karakter yang membuat pusing pembaca, misalkan mEnuLiS BloG yG bEna. Alasanya adalah bahwa blog merupakan karya cipta tulisan yang lebih berkesan serius dibandingkan membalas obrolan (chat) atau menuliskan dalam buku harian dan yang terpenting adalah tulisan kita menunjukkan karakter kita.

Itulah beberapa tip sederhana dan dasar tentang pentingnya menentukan dan menuliskan judul posting blog. Sebenarnya masih banyak bisa dieksplorasi terutama menyangkut tentang teknik SEO.

Tulisan ini aku persembahkan kepada para Blogger di Komunitas Blogger Mercusian (KBM), untuk lebih semangat dan menulis dengan benar. Yang masih berkaitan walau tidak secara langsung, blogging serta blogwalking sangat dipengaruhi oleh browser yang digunakan. Mana yang paling favorit antara Firefox, Internet Explorer, Safari, Opera atau Flock?. Favoritku adalah Firefox.

Inspirasi dan ucapan terima kasih kepada :

http://wawanwae.blogspot.com/2009/05/tips-trik-membuat-title-post-atau-judul.html
http://pancallok.blogspot.com/2009/06/judul-posting-yang-baik-dan-benar.html
http://www.jokosupriyanto.com/cara-menentukan-judul-postingan/
http://iwriter.bahtiarhs.net/2009/05/5-tips-membuat-judul-yang-hebat/

You might also like More from author

1 Comment

Leave A Reply

Your email address will not be published.

two × one =