Monster bernama SOPA

0 36
STOP SOPA !

Internet menciptakan dunia baru tanpa batas dan tanpa nama. Atas nama kebebasan pula, konten yang dipublikasi di internet sudah hampir pasti bisa dinikmati oleh semua pengguna. Sebagai pemakai internet tentunya sangat terbantu karena apa yang menjadi pertanyaan dan jawabannya dapat di eksplore menggunakan bantuan internet. Bagaimana jika dalam mempublikasikan informasi tertentu  ada bagian konten (teks, gambar, video atau elemen lain) yang dimiliki oleh pihak lain dan ada pihak yang mengajukan keberatan sehingga berujung pada pemblokiran website kita bahkan tidak dimasukkan dalam mesin pencari sehingga berakibat terganggunya transaksi bisnis?.

Adalah sebuah rancangan undang-undangan yang bernama Stop Online Piracy Act (SOPA) yang sedang proses legalisasi di Amerika Serikat dan menurut Wikipedia :

Stop Online Piracy Act (SOPA) (Undang-Undang Penghentian Pembajakan Daring), juga dikenal dengan House Bill 3261 (Rancangan Undang-Undang dari Majelis nomor 3261) atau H.R. 3261, adalah sebuah rancangan undang-undang yang dikemukakan di Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat pada 26 Oktober 2011 oleh Ketua Komite Kehakiman Dewan Perwakilan Amerika Serikat Lamar Seeligson Smith dan kelompok bipartisan beranggotakan 12 sponsor awal. Rancangan undang-undang tersebut, jika diterapkan secara hukum, akan memperluas kemampuan penegakan hukum Amerika Serikat dan pemegang hak cipta untuk melawan perdagangan daring dalam kekayaan intelektual berhak cipta serta barang bajakan.[2] Rancangan undang-undang yang disampaikan kepada Komite Kehakiman Dewan Perwakilan ini didasarkan pada PRO-IP Act (Undang-Undang PRO-IP) tahun 2008 yang serupa dan rancangan undang-undang dari Senat yang berhubungan, PROTECT IP Act (PIPA) (Undang-Undang PROTECT IP)

Rancangan undang-undang ini diprotes oleh raksasa internet seperti Wikipedia, Google, Twitter bahkan Facebook dan juga Microsoft. Dengan disahkan rancangan undang-undang ini tentunya situs dapat diblokir oleh ISP (internet service provinder) di AS, tak dicantumkan dari mesin pencarian, dan bahkan dihadang untuk menjalankan bisnis online dengan penyedia jasa pembayaran seperti PayPal. Benar-benar keberadaan SOPA menjadi monster para pemain/pengguna internet.

[youtube_sc url=l9oeJgrVrq0 width=430]

Sebagai bentuk protes, Wikipedia bahasa Inggris melakukan “pemadaman” selama 24 jam pada 18 Januari 2012. Wikipedia bahasa Inggris didominasi warna hitam dengan pesan agar para pengunjungnya membayangkan dunia tanpa ada sumber pengetahuan gratis.
Aksi protes juga dilakukan oleh banyak situs lainnya, diantaranya seperti WordPress, Google, Mozilla, Reddit, Flickr dan ratusan situs lainnya yang tergabung dalam aksi mogok. Google sendiri melakukan aksi protes dengan cara menampilkan sebuah tautan di laman depannya dengan kalimat “Tell Congress: Please don’t censor the web!” (“Katakan pada Kongres: Jangan menyensor web!”).

Aneh juga negara dengan sebutan Dedengkotnya Kebebasan tapi malah memelopori penyensoran konten web, sepertinya kampanye kebebasannya justru berbalik menjadikan dirinya paranoid oleh efek kebebasan itu sendiri. Negara yang aneh.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

4 × five =