Negara Fakir Bandwidth

0 60
Fakir Bandwidth

Internet sudah menjadi bagian hidup dari orang modern. Dimanapun sebisa mungkin terhubung di internet. Bahkan sekarang sudah masuk ke dalam kantong celana/baju karena perangkat komunikasi seperti telepon selular sudah terintegrasi perangkat untuk mengakses data (baca internet). Kebutuhan akses internet makin lama makin besar sedangkan perkembangan infastruktur cenderung tidak bergerak mengikuti perkembangan atau penetrasi internet itu sendiri sehingga berimbas pada kecepatan akses internet.

Indonesia negara berpenduduk besar merupakan potensial sebagai pengguna internet aktif, untuk dapat mengakomodir kebutuhan besaran akses internet tentunya harus didukung infrastruktur yang mencukupi. Pertanyaanya apakah kecepatan akses internet negeri ini sudah memenuhi harapan masyarakat?. Pasti hampir semua sepakat kalau negeri ini masih masuk kategori negara fakir bandwidth. Indikatornya adalah kecepatan mengakses seperti gambar dan video masih sangat memprihatinkan. Padahal konten situs sekarang begitu dinamis dan bertebaran gambar dan streaming video. Tentunya hal ini sangat terasa karena jumlah pengguna internet menunjukkan peningkatan yang sangat cepat. Kondisi ini dapat digambarkan seperti bottle neck atau leher botol, yang mau keluar banyak sedangkan pintu cukup kecil, sehingga menciptakan antrian dan berimbas pada lemotnya akses internet itu sendiri.

Salah satu kegiatan favorit setiap mengakses internet adalah mengunduh (download) file yang tersebar didunia maya. Kecepatan download Indonesia berada pada kisaran 129 Kbps dan dibandingkan negara-negara di Asia Tenggara Indonesia termasuk rendah. Malaysia tercatat 179 KBps, Singapura 335 KBps, Thailand 268 KBps, Vietnam 374 KBps atau Filipina 213 KBps.

Sedangkan negara dengan kecepatan download terbesar didunia ditempati oleh Korea Selatan 2.202 KBps, disusul Rumania 1.909 KBps dan Bulgaria 1.611 KBps pada urutan ketiga. Berikut 10 besar akses internet berdasarkan penelitian Pando Network yang dikutip AFP dan Detikinet. Berdasarkan penelitian ini, rata-rata kecepatan download secara global adalah 580 KBps.

  1. Korea Selatan: 2.202 KBps
  2. Rumania: 1.909 KBps
  3. Bulgaria: 1.611KBps
  4. Lithuania: 1.463 KBps
  5. Latvia: 1.377 KBps
  6. Jepang: 1.364 KBps
  7. Swedia: 1.234 KBps
  8. Ukraina: 1.190 KBps
  9. Denmark: 1.020 KBps
  10. Hong Kong: 992 KBps

Untuk kecepatan download terendah dipegang oleh Kongo dengan 13 KBps.

Bisa dibayangkan dengan kecepatan download 2.202, setiap hari dapat mendownload file berukuran besar dalam waktu yang singkat. Tapi sebagai penduduk negeri ini dipaksa maklum dengan kecepatan akses internet yang ada dan yang terpenting kita dapat menggunakan sebijak mungkin serta untuk tujuan yang membaikkan orang lain dan diri sendiri.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

19 − 10 =