Salah Jurusan-kah !

11 61

Artikel ini merupakan bagian pertama dari tiga seri artikel yang berkaitan dengan mahasiswa informatika.

MLT2010
MLT2010

Artikel ini bagian dari makalah yang saya sharing pada acara kemahasiswaan yang bertajuk Mercusuar Leadership Training 2010 (MLT2010) pertengahan bulan Mei di Cisarua Bogor. Temanya mungkin cukup sederhana, tapi saya menganggap dibalik itu tidak sesederhana temanya.

Para calon mahasiswa, memilih berkuliah di jurusan informatika tentunya mempunyai konsekuensi tersendiri. Mengapa?. Saya berpendapat bahwa informatika itu ilmu yang dinamis yang menuntut mahasiswa harus dinamis. Sebelum memutuskan berkuliah di informatika tentunya sudah berbekal informasi yang cukup, terutama jurusan yang akan diambil. Karena setiap pilih punya konsekuensi sendiri. Menurut Curricula 2005, program studi berbasis komputer dibagi menjadi 5 kelompok yaitu Computer Engineering (CE), Computer Science (CS), Software Engineering (SE), Information System (IS), Information Technology (IT). Lebih jelas dapat dilihat pada gambar dibawah ini :

Computer Engineering
Computer Engineering

Computer Science
Computer Science

Information System
Information System
Information Technology
Information Technology

Software Engineering
Software Engineering

Bidang Ilmu Komputasi
Bidang Ilmu Komputasi

Cukup menarik mengetahui motivasi mahasiswa dalam memilih berkuliah pada jurusan informatika. Saya mengadakan penelitian kecil-kecilan terhadap 100 mahasiswa semester dua peserta kegiatan MLT2010. Pertanyaan yang diajukan adalah :

Kenapa memilih jurusan Informatika ?.

Dari responden, peroleh hasil dan grafiknya dapat dilihat dibawah ini :

Memilih Jurusan IT
Memilih Jurusan IT

Jika dilihat pada grafik diatas, 51% memilih karena ilmunya. Yang menjawab Penasaran sebesar 11%. Yang menarik adalah menjawab ketiga-tiganya cukup signifikan mencapai 38%. Walau tidak ada yang menjawab secara spesifik, memilih jurusan informatika karena ‘keren’ tapi paling tidak 38% yang menjawab ketiga-tiganya sedikit tercermin.

Apakah anda sudah tahu sebelumnya program studi yang dipilih

Pertanyaan ini untuk mengukur seberapa besar informasi tentang program studi yang dipilihnya.  Jawaban hanya dibatasi dengan 3 pilihan.

Program Studi
Informasi Tentang Program Studi

Yang menarik adalah dari jawaban yang diperoleh, komposisi jawaban ‘Sudah Tahu’ dan ‘ Belum’ hanya selisih 5%, walaupun 48% sudah tahu seperti apa jurusan pilihannya sedangkan yang menjawab ragu-ragu sebanyak 9%. Jika disimpulkan bahwa sebagian besar mereka memilih jurusannya kurang berbekal informasi yang cukup

Pertimbangan memilih Program Studi

Pertanyaan ketiga ini menfokus alasan kenapa memilih jurusan atau program studi. Responden 75% memilih ‘Minat’ sebagai pertimbangan memilih jurusan.

Pertimbangan Memilih Program Studi
Pertimbangan Memilih Program Studi

Dari grafik dapat dibandingkan antara ‘Dorongan orang lain’ serta ‘Sesuai jurusan SLTA’ hanya selisih 1%, sedangkan ‘Sesuai bidang pekerjaan’ 6%.  Paling tidak minat dapat menjadi modal untuk menyelami lebih dalam jeroan ilmu informatika.

Apakah anda merasa salah memilih program studi?

Pertanyaan keempat untuk melihat apakah selama ini (setelah menjalani satu semester lebih) merasa salah memilih program studi. Hal ini bisa terjadi karena pada awal memilih program studi tanpa pikir panjang.

Salah Pilihan
Salah Pilihan

Responden menjawab ‘Tidak’ salah memilih program studi sedangkan yang mengakui salah memilih sebanyak 8% dan ragu-ragu mencapai 4%.

Motivasi anda meneruskan jenjang pendidikan tinggi

Pertanyaan terakhir ini diajukan untuk mengetahui motivasi menempuh pendidikan tinggi, karena sekarang motivasinya sangat beragam. Responden yang $menjawab bahwa ilmu menjadi motivasi menempuh pendidikan tinggi mencapai 59%.

Motivasi memilih Program Studi
Motivasi meneruskan ke jenjang pendidikan tinggi

Yang menarik antara tuntutan pekerjaan dan status sosial hanya selisih 1%. Tidak dapat dipungkiri  hari ini banyak yang ‘terpaksa’ kuliah lagi karena pekerjaan menuntut untuk itu dan juga demi sebuah gengsi (status sosial). Motivasi ini seringkali sering mengabaikan prestasi, karena mereka berprinsip  bahwa yang penting lulus dan mendapat gelar.

Apakah lima pertanyaan diatas dapat memberikan gambaran tentang apa yang melatarbelakangi para mahasiswa memilih berkuliah ilmu informatika?. Mungkin variabelnya bisa ditambah sehingga keakuratan analisis dapat dipertanggungjawabkan.

Seperti apa kriteria seorang mahasiswa informatika dan kenapa mahasiswa informatika WAJIB pinter pemrograman akan saya sampaikan pada postingan yang akan datang.

You might also like More from author

11 Comments

  1. Roby says

    Yang pasti Kita sudah bisa mencintai informatika n mudah2an ini adalah kunci kuta u/ menjadi manusia2 yang maju bersama teknologi u/ memenuhi dunia kerja yang penuh dengan kemajuan…. amin…

  2. dhedhi says

    wah, menarik pak artikelnya 🙂
    saya mahasiswa informatika, dan saya merasa berada di tempat yang benar 😀
    dunia informatika, dunia yang menarik 🙂

  3. narno says

    teringatkan kembali waktu kuliah dulu, sebagian besar merasa bukan pilihan yang utama, semoga nanti ada kesempatan bagi saya untuk posting

  4. julianusginting says

    menurut saya informatika menarik karena selalu up todate seiring dengan perubahan jaman

  5. fabiantactlest says

    kalo saaya seh ga muluk2 cuma ngarep aja sama ilmunya hehehehehehehe

  6. agus yukihiro says

    saya berpendapat bawah saya sama kaya fabian saya ingin mendapatkan Ilmu nya aja
    + bisa mengajarkan kepada orang2 terdekat ^^

  7. Bee'J says

    dari judulnya aja, sepertinya cerminan saya pribadi nih pa… 🙂

  8. Meidhy Andaresta says

    jujur pak sewaktu lulus dari STM saya sangat buta terhadap komputer,,apalagi tentang pemprograman..
    tapi sewaktu membaca majalah-majalah tentang komputer saya jadi tertarik dan ingin belajar lebih dalam…atas keinginan yang kuat ini saya cepat menerima pelajaran yang diberikan apalagi yang berhubungan dengan pelajaran komputer..

    htpp://Meidhyandarestablogme.wordpress.com

  9. ajatbdg says

    Hampir sama dengan Meidhy Andaresta, sebenarnya saya sama sekali tidak tau apa itu IT, gimana cara make komputer, apalagi internet. Saya langsung z masuk STMIK, dan ternyata saya langsung jatuh cintrong ma yang namanya Informatika tersebut dan langsung berusaha belajar, pertama kali belajar komputer sendiri alias otodidak di warnet pernah bingung nyari huruf-hurufnya yang ada di keyboard, tapi karena punya modal keinginan yang kuat, sekarang dah lumayan lah bisa kalo cuma sekedar buka-bukaan pasbuk mah, ngetik http://facebook.com ga nyampe setengah jam. ha…ha…ha…. Semangat !!!!!!!!!

  10. d huri says

    kalau saya seneng aja belajar IT walaupun baru mengenal dikit, tapi saya yakin kalau kita serius belajar pasti bisa . . . iya kan pak ? ? ? ?

  11. Rama Sejati says

    Info yang bagus !

    Barangkali informasi mengenai “memilih jurusan” berikut, juga berguna bagi rekan rekan yang memerlukannya. Klik > Memilih Jurusan ?

Leave A Reply

Your email address will not be published.

16 − 9 =