Susahnya Mengisi Blog

0 26

Menulis
Menulis

Sebuah fakta yang sebenarnya cukup menggelikan, karena terjadi di domain mahasiswa yang notabene adalah insan intelektual dan modern. Seorang dosen memberikan tugas kepada mahasiswa yang berkaitan dengan mata kuliah yang diikuti, misalnya pemrograman web, yaitu membuat sebuah blog. Dosen bertujuan agar mahasiswa dapat mengenal struktur web, mengisi web dan mengelola web sambil mempraktekkan materi seperti html, css dan lain-lain.

Mulailah mereka membuat blog menggunakan mesin blog populer dan gratis seperti WordPress dan Blogspot. Walau dengan meraba-raba akhirnya jadi juga. Dan…. tiba saatnya mengisi blog. Ternyata sampai minggu ke-2 blog masih polos dan hanya berisi artikel “Hello World”, maklum mereka bikin blog menggunakan mesin WordPress. Ini artinya mereka masih bingung mau diisi apa blognya.

Dosen negur mahasiswa

“Kok blognya belum diisi?”. ”

“Bingung pak mau diisi apa ?”. Gubrak!!!.

Waktu utak-atik om Google akhirnya nemu artikel di panduan WordPress, Bagaimana Menulis Blog yang Efektif. Nah ini saya copas utuh dari blog tersebut.

Sedikit akan saya bocorkan rahasianya. Untuk menulis sebuah artikel blog yang efektif adalah dengan menganggap anda sedang bicara dengan seorang teman. Ya, seorang teman. Lebih hebat lagi jika anda membuat artikel yang ditujukan untuk kekasih anda. Ini akan melibatkan banyak emosi dan akan membuat anda mampu menulis dengan sangat menghipnotis.
Tips yang kedua adalah dengan mematikan otak kiri. Otak yang sok sempurna, suka mengedit dan suka membantah. Tulis saja apa yang anda pikirkan. Kalau perlu matikan monitor selagi anda mengetikkan kata-kata. Baru setelah anda sudah merasa cukup puas mengetik, nyalakan lagi dan mulailah mengedit kata-kata yang anda anggap salah ketik.

Ternyata cukup sederhana dan simple. Menulis hanya mengubah ucapan lisan menjadi sebuah kumpulan kata yang akan membentuk sebuah kalimat. Setiap orang mempunyai gaya bahasa dan cara mengungkapkan sesuatu. Jadi agar tidak bingung, jangan meniru gaya cara bertutur orang [blogger] lain karena mungkin itu bukan gaya anda dan mungkin anda tidak mampu. Apapun yang anda tulis asal ikhlas boleh dibaca oleh orang lain, silakan ungkapan dengan kalimat yang runtut. Dan ini yang paling penting “gunakan ejaan dan tata kalimat yang umum jangan menggunakan kata-kata yang disingkat (seperti sms) serta jangan terkesan norak”. Karena apa yang ditulis akan menunjukkan siapa penulisnya.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

19 + 17 =