Tips Mendesain Web

3 53

Web Design

Mempunyai website atau blog tentunya kebanggaan tersendiri. Apalagi didukung dengan pengunjung website atau blog yang tiap hari meningkat, hal ini memacu untuk terus melakukan update website atau blog agar informasinya selalu aktual. Seringkali orang membuat website/blog terutama tampilannya terjadi salah persepsi, maksudnya adalah bahwa website atau blog itu dibuat untuk para pengguna internet yang tidak jelas asal-usulnya bukan untuk dinikmati sendiri, tapi banyak yang belum menyadari hal ini, sehingga mereka berfokus membuat tampilan website/blog sesuai selera sendiri. Otomatis mengabaikan kepentingan pengunjung website/blog yang mungkin tidak suka dengan desain yang dibuat.

Pengunjung website lebih berfokus pada isi dari web serta kemudahan dalam memperoleh informasi dari web itu sendiri, sehingga jika membuka web tapi terhalang dengan tampilanya yang berat karena banyak gambar, video, tautan keluar, atau fitur-fitur yang mengganggu mata untuk melihat isi dari web itu, bisa jadi memutuskan untuk berpindah ke web lain.

Berikut adalah tips membuat desain web yang dapat diamalkan pada website/blog masing-masing :

Unik
Dalam pembuatan setiap karya desainer memiliki rasa untuk tidak meniru atau menggunakan karya orang lain. Demikian pula, seorang desainer Web harus memiliki budaya malu untuk menggunakan icon, animasi, tombol, dll, yang telah digunakan atau dibuat oleh orang lain.

Komposisi
Seorang Web Designer selalu memperhatikan komposisi warna yang akan digunakan dalam website yang dibuat. Gunakan WebColor selalu Palette 216, yang dapat diperoleh dari Adobe.com, hal ini untuk mencegah terjadinya Dither dalam gambar GIF. Dalam membangun sebuah website perusahaan, Web Designer selalu menyesuaikan warna yang digunakan oleh perusahaan Color Perusahaan. Sebagai contoh: Telkom Corporate Color adalah biru, Coca-Cola: merah dan putih, Standard-Chartered: hijau dan biru, dan seterusnya. Untuk kemudian warna-warna telah digunakan sebagai warna dominan atau sebagai elemen pendukung (garis, background, tombol, dll).

Sederhana
Web Designer banyak menggunakan prinsip “Keep it Simple”, hal ini dimaksudkan untuk menampilkan website tersebut terlihat rapi, bersih dan informatif.

Kecepatan Loading
Anda mungkin merancang sebuah situs web yang terlihat orang fantastis tetapi sedikit yang akan melihat jika itu membutuhkan waktu yang lama untuk load. desain Anda harus dioptimalkan untuk web dan tidak boleh mengambil lebih dari 15 detik untuk memuat. Ingat, Anda mungkin memiliki desain besar tapi sangat sedikit orang yang akan melihatnya jika itu membutuhkan waktu yang lama untuk load.

Navigasinya Jelas
Setelah pengunjung datang ke situs Anda, Anda perlu membuat mereka pergi melalui situs Anda. Untuk melakukan ini, Anda perlu memiliki navigasi yang jelas. Pastikan semua link penting Anda berada di tempat yang menonjol. Lebih disukai kanan di atas – yang biasanya di mana pengunjung pertama terlihat. Gunakan menu di sebelah kanan dan kiri. Cobalah untuk link ke sebagai banyak halaman situs Anda. Biarkan informasi dapat diakses dari semua bagian dari situs. Anda tidak pernah tahu apa yang pengunjung mungkin tertarik Cobalah untuk juga menggunakan footer untuk link penting Anda.

Semua Resolusi
Ada komputer dengan semua jenis resolusi. Mereka berkisar dari 640 x 480 ke 1024 x 768 dan pergi bahkan lebih tinggi. Tugas Anda adalah desain situs Anda untuk semua resolusi. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan desain situs Anda dalam hal piksel persentase dan tidak.

Kompatibilitas Browser
Pastikan situs Anda kompatibel dengan browser. situs web Anda akan terlihat baik dalam Netscape maupun di Internet Explorer. Jangan berhenti merancang situs Anda segera setelah Anda menemukan bahwa tampak besar pada IE. Biasanya Netscape memberikan beberapa masalah, terutama ketika Anda mencoba melakukan desain rumit HTML. Tapi jangan menyerah terlalu cepat, biasanya dengan kesabaran masalah ini dapat dengan mudah diperbaiki.

Dibaca dan font terlihat profesional
Hanya dengan melihat font Anda merasa bahwa situs tersebut bukan situs profesional. Jangan gunakan Comic Sans dan font mewah lainnya yang mungkin tidak tersedia pada kebanyakan komputer. Jika font yang Anda gunakan tidak tersedia dalam komputer pengunjung situs web akan menggunakan font default dari komputer Anda yang jauh lebih buruk. Jadi cobalah untuk menjaga font web umum dan profesional. Font yang saya selalu menempel adalah Arial dan Verdana.

Minimalkan Penggunaan Gambar
Jaga situs Anda sederhana tapi rapi. Jangan kekacauan halaman Anda dengan besar, gambar besar yang mengambil lama untuk load. Sebaliknya menggunakan tabel kreatif dan desain mata – ikon penangkapan yang akan menarik perhatian pengunjung ke bagian tertentu di situs Anda. Tip – Pengunjung biasanya lebih tertarik pada konten daripada di desain.

Penggunaan White Space
Cobalah untuk tidak mengacaukan halaman Anda dengan gambar terlalu banyak, latar belakang dan font berwarna-warni. Lagi-lagi menggunakan prinsip Keep It Simple dengan meminimalkan penggunaan grafis dan menggunakan banyak ruang putih. Ruang putih memberikan rasa kelapangan dan kerapian keseluruhan untuk sebuah situs. Perhatikan spasi di situs kami.

Periksa Broken Link
Selalu periksa link yang rusak dalam sebuah situs sebelum meng-upload ke server web Anda. Dalam Dreamweaver Anda dapat memeriksa broken link dengan mengklik kanan pada file di Situs File Window dan kemudian mengklik link Periksa – Seluruh Situs. Jika Anda tidak memiliki fasilitas ini, Anda perlu meng-upload situs Anda dan kemudian memeriksa menggunakan alat-alat online seperti Net Mechanic.

Semiotika
Semiotika adalah studi tentang tanda-tanda. Dalam hal ini diharapkan dapat melihat tanda-tanda atau gambar, user / audience dapat dengan mudah dan cepat dipahami. Sebagai contoh: Jangan membuat gambar / image yang berkesan tombol, namun itu bukan tombol / link.

Ergonomi
Web Designer selalu aspek ergonomi. Ergonomi di sini adalah dalam hal kenyamanan user dalam membaca dan kecepatan pengguna untuk menelusuri situs web. Font Web Designer memilih ukuran yang tepat sehingga mudah dibaca, Web Designer menempatkan link sedemikian rupa sehingga akses mudah dan cepat untuk yang lebih penting dan Informatif.

Fokus
Tentukan hirarki prioritas dari pesan yang akan disampaikan, misalnya: Judul harus besar, tetapi tidak sampai konflik akan berakhir dengan subjudul yang berukuran hampir sama. Hal ini akan membingungkan user / audience untuk menentukan pesan mana yang harus terlebih dahulu dibaca / dilihat.

Konsisten
Tentukan font apa yang akan digunakan sebagai teks-Body, judul, sub judul dan sebagainya, sehingga website akan terlihat disiplin dan rapi. Sesuaikan font yang digunakan oleh misi dan visi website tersebut, misalnya: hindari menggunakan font Comic dalam membangun website resmi perusahaan.

Thanks for T&T Computer

You might also like More from author

3 Comments

  1. aydachubby says

    wew… buanyak amat tips-nya… Ajarin langsung aja ya biar mudenk.. :d

  2. yat says

    Hmm…
    atur nuhun pak

  3. Tom says

    langsung praktekin blehhh..,,
    suwon pak’e

Leave A Reply

Your email address will not be published.

14 − eight =