Visual Basic, So What?

0 51

Itu mungkin yang menjadi pertanyaan bagi sebagian orang, mengapa Visual Basic ?. Bagi yang tidak familiar dengan dunia pemrograman atau programming mungkin tidak ngeh dengan istilah ini. Menurut Wikipedia, Visual Basic adalah :

Microsoft Visual Basic (sering disingkat sebagai VB saja) merupakan sebuah bahasa pemrograman yang bersifat event driven dan menawarkan Integrated Development Environment (IDE) visual untuk membuat program aplikasi berbasis sistem operasi Microsoft Windows dengan menggunakan model pemrograman Common Object Model (COM). Visual Basic merupakan turunan bahasa BASIC dan menawarkan pengembangan aplikasi komputer berbasis grafik dengan cepat, akses ke basis data menggunakan Data Access Objects (DAO), Remote Data Objects (RDO), atau ActiveX Data Object (ADO), serta menawarkan pembuatan kontrol ActiveX dan objek ActiveX. Beberapa bahasa skrip seperti Visual Basic for Applications (VBA) dan Visual Basic Scripting Edition (VBScript), mirip seperti halnya Visual Basic, tetapi cara kerjanya yang berbeda.

Para programmer dapat membangun aplikasi dengan menggunakan komponen-komponen yang disediakan oleh Microsoft Visual Basic Program-program yang ditulis dengan Visual Basic juga dapat menggunakan Windows API, tapi membutuhkan deklarasi fungsi eksternal tambahan.

Bagi mahasiswa/wi informatika mempelajari bahasa pemrograman ini bisa dikatakan ‘wajib’. Artinya seorang mahasiswa informatika harus mempunyai keahlian dalam pemrograman minimal Visual Basic (VB) ini. Pertanyaananya adalah mengapa?. Mungkin jawaban akan beragam. Dengan skrip sederhana para pemula dalam pemrograman akan dapat mendapatkan aplikasi yang dengan modus graphic-usher-interface atau layaknya aplikasi Windows yang populer.

Program yang dihasilkan dari bahasa pemrograman ini sangat beragam mulai dari ilmiah, permainan dan database yang cukup kompleks. Selain itu kemudahaannya dalam menghubungkan dengan sumber data lain, misalnya Access, MySQL, ODBC dan lain-lainnya.

Tapi paling utama dalam belajar pemrograman adalah mengerti logika dari penyelesaian masalah dan ditambah dengan penguasaan bahasa pemrograman.Tanpa itu akan sulit sekali memahami pemrograman. Proses pembelajaran yang kontinu dan mencari referensi aplikasi yang baru akan memberikan bekal dalam menghasilkan sebuah aplikasi yang handal.

Akhirnya dimasa akan datang penulis akan mencoba memaparkan beberapa aplikasi sederhana Visual Basic.

Referensi wajib bagi para penggemar Visual Basic adalah situs-situs berikut :

1. www.masinosinaga.com

2. www.vbcode.com

3. www.vbguru.com

4. www.vbbego.com

5. www.a1vbcode.com

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

nine − three =